Search This Blog

Monday, March 30, 2009

Praktik beribadah Muslem dan Katolik adalah bukti betapa tidak tolerannya agama tersebut

Salah satu hal yang membuatku sangat jengkel adalah harus terbangun pukul 3 pagi ketika aku harus ujian pukul 8 paginya dan baru tidur pukul 2. Di Depok terutama, orang-orang tak beretika dan berotak itu menggedor-gedor kamar kosan di pagi hari pukul 3 sambil berteriak sahur. Saya berpikir emang semua orang disini orang Islam? Sesuka hati anda menggedor kamar kosan. Yang lebih parahnya lagi adalah, mereka melakukan sholat dengan berteriak sekencang-kencangnya seakan-akan menyombongkan tuhannya di hadapan orang lain, seakan-akan mereka suci dan beragama sementara orang lain tidak. Dalam beberapa kesempatan, mereka memberikan mikofon kepada anak kecil yang kemudian dimain-mainkan sambil berteriak allaah huaakbar. Saya bilang itulah orang tak berpendidikan dan tak beradab.

Salah satu praktek ibadah paling tidak beretika adalah sholat, yaitu momen ketika semua mesjid meneriakan sekeras-kerasnya lantunan ibadah mereka melalui pengeras suara. Anda bisa menghitung jumlah mesjid di Jakarta. Bayangkan betapa bisingnya itu, terutama ketika anda tinggal di tempat yang agak pinggiran seperti Depok. Sama halnya dengan praktek ibadah katolik di Roma, mereka meneriakan ibadah mereka melalui pengeras suara seakan-akan semua orang harus tahu mereka sedang beribadah
Bagi orang Kristen (baru kali ini saya sepaham dengan Alkitab), diceritakan bahwa orang-orang yang berdoa sambil berteriak di tengah jalan adalah orang-orang Farisi yang menolak keberadaan yesus sebagai juruselamat. Itulah kira-kira gambaran orang yang berdoa sambil berteriak supaya semua orang tahu bahwa dia berdoa, farisi, munafik dan tidak mempunyai iman yang sesungguhnya. Padahal berdoa adalah hubungan pribadi dengan tuhan, kenapa harus diteriakan dengan keras?

Argumen teman islam saya adalah untuk mengingatkan umat muslim untuk sholat. Respon saya adalah emang tidak ada jam sekarang? Emang orang muslem tidak bisa mengatur dering jam weker? Kalaupun emang kebanyakan orang muslem tidak beradab seperti itu, bukankah doa hubungan personal dia dengan tuhan, kenapa harus ada campur tangan pihak ketiga? Orang berdoa karena merasa membutuhkan, merasa perlu berkomunikasi dan berhubungan intim secara spiritual dengan tuhan. Jadi tidak perlu diteriakan melalui pengeras suara.

Di inggris sekarang bahkan sistem alarm mobil harus dimatikan pada waktu malam hari karena waktu tidur merupakan momen yang sangat berharga dalam kehidupan yang tingkat kesibukannya begitu tinggi. Tidur nyenyak merupakan investasi yang sangat mahal. Hal itu sangat mempengaruhi kualitas kerja di pagi hari dan bahkan mempengaruhi mood sepanjang hari. Artinya kualitas tidur menentukan bahagia tidaknya hidup seseorang. Bayangkan anda tidur pukul 1 pagi dan dibangunkan pukul 3. Anda akan kesusahan untuk kembali tidur. Oleh karena itu, pemerintah inggris menetapkan denda yang sangat mahal untuk warganya yang tidak mematikan alarm mobil pada waktu malam hari.

Apakah anda (orang islam maupun katolik) mau diganggu tidurnya dan digedor-gedor kamarnya pukul 3 pagi untuk urusan ibadah agama lain? Bayangkan jika anda harus mengikuti interview kerja pukul 8 paginya dan hal itu menentukan nasib hidup anda. Kalau tidak mau, janganlah menggedor kamar orang lain pada pukul 3 pagi apalagi berteriak keras di pengeras suara. Anda tidak perlu menyombongkan ibadah anda!! Lakukan saja banyak kebajikan tidak perlu terlalu banyak bicara!

12 comments:

  1. Hellow, its fajri again...
    Sori gw jadi nyita waktu lu banyak banget dan ngebales semua artikel lu dengan panjang banget =P

    Kok jadi bahasa indonesia nih tiba2? Hahahaha...
    Lebih seruw lho....


    Anyway, gw juga mau ngerespon yang ini neeh...
    Gw separoh setuju to a certain extent, tapi jelas gw gak setuju dengan idenya secara keseluruhan.

    Pertama, dengan statement lu:
    "Padahal berdoa adalah hubungan pribadi dengan tuhan, bla bla bla?"

    Ini agak panjang buat dijelasin sih...
    Kalo mau dilihat secara filosofis, islam itu BUKAN AGAMA.
    TAUHID adalah agama para pemeluk islam. Tapi yah, karena keterbatasan penerjemahan dan juga untuk pengertian yang lebih mudah untuk orang lain (hingga banyak kesalahpahaman), dianggap saja sebuah AGAMA.

    Agama adalah kepercayaan theologis saja, yang hanya berkutat dalam hubungan vertikal saja. Yaitu pribadi Tuhan dan manusia.
    Well, mungkin ada beberapa hal yang mengatur antar manusia misalnya soal pencurian zinah dan lain sebagainya.

    Sedangkan Islam, adalah sebuah DIN. Sebuah kata dalam bahasa arab yang bermakna "way of life".
    Sehingga tidak hanya mengatur hal yang sifatnya pribadi manusia dan Tuhan.
    Tapi juga peran manusia sebagai makhluk sosial SAMPAI KE DETAIL PALING KECIL.

    Gw udah njelasin sedikit hukum muamalah dalam post gw di topik lain. Ini adalah salah satunya.

    Sehingga Islam juga masuk ke dalam kehidupan sosial dan berbudaya masyarakat.

    Karena itulah, pada negara-negara Islam, pelanggaran dari hukum islam oleh pemeluk Islam (yang menurut negara2 demokrasi adalah kebebasan individual), juga dikenai sanksi.

    Sehingga kontrol sosial itu juga ada. Misalny Adzan, sebagai pengingat waktu Shalat. Memang diteriakkan.

    Mayoritas masyarakat memang melakukan itu di negara islam, dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan masyarakat. Sehingga masyarakat non muslim juga ikut terbiasa dan menghormati.

    Itulah salah satu sifat dasar dari Hukum Adat, bukan?

    Sehingga kesimpulannya ada dua, kalau cuma sampai di sini saja.
    1. Ini memang sesuatu yang dilakukan oleh negara islam. Sudah juga menjadi budaya masyarakat yang juga sudah biasa bagi non muslim sekalipun.

    2. Perdebatan soal teori semacam ini agak sulit. Karena background logic sudah berbeda. misalnya bagaimana lu memandang agama sebagai hal yang cuma urusan probadi, sedangkan Islam bukan sebuah agama. Seperti yang udah gw jelasin di awal, jadi mesti gw lurusin dulu...

    ANYWAY, things go quite differently when we talk about how these things apply in non-moslem countries and/or non-moslem countries with a majority moslem population like Indonesia.

    This is where I partly agree with you.

    Kids shouting around for Sahur is kinda annoying.

    In one hand, IT IS NOT A CUSTOM IN ISLAM to parade like idiots to wake people up for sahur.
    It is local customs of certain areas.
    So actually it should be okay for these certain areas. BEcause it is the social way to express their ways, and not much will be annoyed when it is themselves who built such tradition.
    Debatable, but it is NOT ISLAM's TEACHINGS to do such acts.

    Reminding friends to pray, or for Sahur, might be important in islamic teachings.
    But not to the extent where it annoys others. THAT is not islamic teachings.

    But in the other hand, it becomes darn annoying when people start banging and shouting in our kos-kosan and stuff..
    This is not local tradition, but its traditions which they get from where they came from, and non-thinkin-ly practice it a completely new environment which they dont know nor care if it tolerates these things or not.

    Islam does teach tolerance. But Indonesian culture doesnt (yes, I do think PPKn and PMP was freaking bullshit wishful thinking).

    Please dont blame islam for these sahur things.

    But for adzan, things are a bit more complicated.

    At noon-night(isya), I dont think its quite annoying because our cities are just as noisy or even noisier.
    And for Subuh, well, it is a good thing to wake up early anyway. Debatable.

    But here is my real response to your statements.

    In one hand, yes it is a custom in islam to do adzan to remind people to do Shalat.
    But like what I have explained before, to some extent, it might have grown as a custom too even in a plural country like Indonesia.
    And anyway, disturbances happen everywhere. There are always people feeling disturbed, but as minority report.

    Then in the other hand, Islam is a majority in Indonesia, but Indonesia is NOT an Islamic country.

    The purpose of adzan, is to remind people for Shalat.
    Well, this can be done without shouting it into a speaker.
    Areas like Padang, Makasar and other majority-moslem areas might be fine.

    But if there are areas which are so plural to the extent where adzan is sooo anoying for the non moslems, mosques can do adzan without microphones.
    Then rely on TV or radio or internet information to know their Shalat time and to do an adzan which can only be heard in their own house/room.

    Remember. Islam has does nothing bad. WHat might go bad would be from ignorant people who only take and do what they please, selfishly.

    In which selfishness is not what Islam teaches.

    ReplyDelete
  2. Anjrot... Kok jadi keterusan pake bahasa inggris yah???

    Hahahahaha

    ReplyDelete
  3. The obvious reply to the idea that Islam is not "merely" a religion but a way of life (which is deeply problematic because of the implied notion of "comprehensiveness" which sets up its "superiority" from other "false" religions) is that we are only obligated to respect religions, not ways of life. The part of Islam that is a way of life obviously succumbs to the same standards we use to judge other ways of life. One of the easiest ways to state it is that people have a right to exempt from a "way of life", and therefore it is not alright to say that just because that's how it is customarily done in a particular community then the community automatically has the right to police its own members to conform to the tradition. Necessarily, traditions which does not have independent moral imperative (say, like heterosexuality) only have value insofar as individuals are assenting to them without coercion.

    A more interesting application of this argument is the notion that "political Islam" is logically a part of the expression of the Muslim faith. Therefore, it is anti-religious to claim that practices which come under the auspices of Islamic legal tradition is susceptible to judgement under civilised human rights standard (which of course is demeaned using the idea that it is "Western"). This is moral relativism at its most painfully shallow. Rights are rights and legal traditions that do not recognize them are flawed.

    ReplyDelete
  4. guys once im done with my work i ll get back to your arguments. so caught up with works right now. I need to think and prepare a politically correct arguments, so it will take time. But, thanks a lot for just reading my blog.. feel flattered

    ReplyDelete
  5. and nice to know our anonymous friend here supports me. Geez, wouldnt expect it for my view. thanks though

    ReplyDelete
  6. emang mengganggu sih tapi ga bisa langsung menyalahkan agamanya donk. Semua agama pada dasarnya baik cuma orang-orangnya aja yang terlalu fanatik...

    ReplyDelete
  7. 1stly I would like to curse our electrical company PLN, for turning off the lights exactly the moment when I have typed the response for this topic for almost equivalent 6 pages MS WORD, and a split second before I had to click "send".

    I lost the mood to re-type again yesterday, and I appoligize that what I say now is not as comprehensive as it was yesterday. Seriously, PLN successfully pissed me off.


    Anyway, here goes.

    For Mr/Mrs Anonymous, I dont understand why we differ in oppinion. I see that you might have misunderstood me.

    "we are only obligated to respect religions, not ways of life"

    An easy way to respond this is that in Indonesia islamic way of life is considered as religion, though misinformed, but here goes the law isnt it?

    But never mind that.
    Most importantly, Islam is not a religion which highly respects other religions. I dont have to repeat my analysis from my previous post, but whats for sure is that Islamic practices CAN be done without annoying anyone.

    There are 2 ways in understanding this statement.

    The 1st way is that there are ways to modify so these practices dont lose their meanings and purposes, but yet people are not annoyed. So if some moslems somehow choose annoying ways -which again, is unnecessary- then it is the mere fault of individuals. Not islam's fault, when it does provide alternatives.

    And yes, this includes making up things which are not within islamic teachings. Such as grebeg sahur as mentioned by Harjo. I dont know about Christianity, but in Islam we dont just make up new things. Practices regarding "Ibadah" are strictly fixed, and/or only changable by an Ulama Fatwa. If people just make up stuff by the name of islam without any basis or even contradicting other teachings, it is called "Bid'ah" and it is against Islamic Teachings.


    The 2nd way is to see the approach of law making. I do agree to Anonymous's statement that "Rights are rights and legal traditions that do not recognize them are flawed".

    Remember when these traditions appear in the society naturally within the social dynamics, then it becomes a custom. And even a customary law. If you understand law, you will know that Indonesia is a country with a vast range of customary law. CUstomary law also is a law, and in preference for facultative cases compared to national laws.

    But then you will also know that in cases of imperatives, National laws are superior. So if there are customs which are against the national law (such as cannibalism, to the extreme), of course this national law will revoke such custom.

    Hence we could see that if there are these customs, and the national law doesnt correct it, then the surrounding society has accepted this custom.
    Or if some actually are sygnificantly annoyed, well then it is the flaw of the national law then.



    Remember: Islam does respect jurisdictions. Many laws such as Jinayat (criminal law) dont apply in areas where it is not in jurisdiction of Islamic Law (and replaced by local law), and also minumum age of marriage.
    So in a country as plural as Indonesia, Islamic teachings can be made to not lose its meanings AND not annoy people.

    And remember also. Islam is fixed, meaning that its teachings may not contradict each other. But it is also adjustable, so that it's purpose will still be upholded and stays appropriate for any time and place setting.

    Cheers:

    Fajri
    Jogja Debating Forum

    ReplyDelete
  8. Setuju dengan pendapatmu, Jo. Tapi yang jadi masalah adalah, siapa yang menoleransi siapa? Beribadah adalah hak asasi kan? Justru kami butuh ditoleransi untuk hal itu. Kita hidup tidak sendiri. Terkadang hal-hal seperti itu sebenarnya dibutuhkan untuk menjalin kebersamaan. ga semua orang punya jam. Ga semua orang perhitungan jamnya sama. Ada yang lebih 10 menit, ada yang bahkan lebih 1 jam.
    Kalo soal toleransi, mungkin Harjo sendiri yang harus belajar toleransi. Terima kasih. ^^

    ReplyDelete
  9. terima kasih atas sarannya, dear mr/ms anonymous. saya sedang berusaha keras berusaha toleran dengan praktek agama lain. namun, faktanya adalah orang beragama akan mengagungkan agamanya dan beranggapan bahwa tidak ada yang perlu dikompromikan dalam praktek ajaran agamanya. saya sudah melakukan banyak kompromi terhadap nilai hidup saya karena praktek ajaran agama lain.contoh: saya harus menelan ludah ketika dibangunkan jam 3 pagi untuk urusan sahur teman2 beragama islam saya, padahal jam 8 nya saya harus ujian. apakah anda sudah mempraktekkan toleransi beragama? don t do unto others what you don t want to done unto you

    ReplyDelete
  10. Harjo,

    gitu aja kok pusing amat sih...

    Mereka kan manusia juga, kok aku ngrasanya mereka diperlakukan seperti benda yang memang bergerak seperti itu dari sononya?

    Kalo anda ngerasa terganggu, bilang aja sama mereka.
    Mereka tinggal nyesuaikan kan? Mungkin bangunin temen2nya pelan2 atau apa kek...

    Kalo emang mereka gak mau denger, tampol aja... Itu mah bukan salah islam tapi salah mereka sendiri yang aneh...

    ReplyDelete
  11. By the way:
    a. Is Harjo=Harjo Winoto?

    b. Kok nggak ada respon lanjutan neeh...

    ReplyDelete
  12. hai fajri
    a. yes harjo = harjo winoto
    b. wah sibuk banget ne... too many things to do, so little time i have. I want to just smash their faces, but then it s worst then just writing my complaint in this note. It s about public education as well pal!

    ReplyDelete